Translate

Sabtu, 21 Februari 2015

Laporan Prakerin SMK Pertanian BAB IV



BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Berdasarkan uraian kasus masalah di atas, maka dapat diambil kesimpulan:
1.        PSG sesuai dengan Mendikbud RI No. 323/4/ 1997 yaitu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan (SMK) yang dipadu dengan keahlian melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya di instansi mitra/pasangan, secara sistematis dan sinkron untuk mencapai tingkat keahlian professional tertentu.
2.        Tujuan dari Praktik Kerja Industri yaitu meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran serta dunia industri/instansi pasangan, agar tercipta keterkaitan dan kesepadanan (link and match).
3.        Manfaat Praktik Kerja Industri bagi siswa yaitu mengangkat harkat dan rasa percayadiri, sehingga dapat mendorong untuk meningkatkan keahlian profesinya pada tingkatan lebih tinggi.
4.        Kelempok barokah tani adalah Perusahaan yang bergerak dibidang pembudidayaan tanaman pangan hortikultura khususnya membudidayakan sayuran dengan jumlah karyawan 9 orang dan setiap orangnya memiliki lebih dari satu profesi.
5.        Pelayanan yang ditawarkan oleh kelompok barokah tani menyiapkan barang hasil panen (sayuran atupun  pangan), benih tanaman sayuran, pupuk kandang, dan pabrik penggilingan beras.
6.        Budidaya tanaman adalah peroses menghasilkan bahan pangan serta peroduk-produk agroindustri dengan manfaat sumber daya tumbuhan khususnya tanaman cabai.
7.        Manfa’at tanaman cabai adalah utuk memberikan pelejat pada makanan, sebagai bumbu masakan ,dan masih banyak lagi manfaatnya.
8.        Dalam pembudidayaan tanaman cabai yang harus diperhatikan yaitu keadaan cuaca/iklim,dan  tempat penanamannya /lahan yang akan di tanam.
9.        Pembuatan bedengan bertujuan untuk mempermudah dalam penanaman, pemeliharaan dan pemanenan.
10.    Pemasangan mulsa / MPHP bertujuan untuk melindungi atau mencegah gulma tumbuh melebihi tanaman pokok/induk.
11.    Tujuan dari pemeliharaan adalah untuk merawat tanaman supaya tidak terserang hama penyakitdan tumbuh dengan apa yang kita inginkan.
12.    Pemberian pupuk bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan memberikan hasil yang optimal


4.2  Saran
Selama penulisan laporan, penyusun memiliki beberapa saran bagi dua pihak, yaitu bagi pihak Sekolah dan pihak parapetani. Saran-saran tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
4.2.1        Saran Bagi Pihak Sekolah
a.         Meningkatkan dan memperluas kerjasama dengan pihak kelompok-kelompok tani agar semakin banyak peluang bagi parasiswa untuk memperoleh pengalaman dari dunia petanian.
b.        Memberikan banyak arahan mengenai dunia pertanian, agar parasiswa mempunyai bekal pada saat melakukan Praktik Kerja Industri.
c.         Guru monitoring lebih memperhatikan parasiswa yang sedang melakukan Praktik Kerja Industri.
4.2.2        Saran Bagi pihak Petani
a.         Membimbing parasiswa Praktik Kerja Industri dengan baik.
b.        Memperhatikan parasiswa Praktik Kerja Industri agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik.
c.         Memberikan izin bagi pihak sekolah agar bisa menerima siswa untuk melakukan Praktik Kerja Industri.
d.        Pelayanan terhadap konsumen harus lebih di tingkatkan lagi agar konsumen lebih nyaman dan betah pada saat berkunjung ke kelompok barokah tani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar