Translate

Sabtu, 14 Februari 2015

Laporan Prakerin SMK Pertanian Bab I


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LatarBelakang
     Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah salah satu kegiatan pendidikan yang di tunjukan kepada semua siswa agar siswa memiliki jiwa usaha dan mampu mengidentifikasi,  menganalisis dan memecakan suatu persoalan yang di hadapi dalam suatu perusahaan serta mengetahui kegiatan yang sebenernya di lapangan.
          Sebagai antisifasi dalam menempuh kebutuhan sumber daya manusia (SDM), maka upaya penyiapan SDM masih memiliki daya saing yang sangat rendah dibanding negara-negara lain. Untuk mengantisifasi hal itu di perlukan lembaga pendidikan baik pormal maupun non pormal. Petani yang biasanya bertani secara konfesional dapat  mangarah pada pertanian yang berorientas agribisnis.
            Salah satu upaya untuk memenuhi tuntunan tersebut, maka di sekolah SMK Fauzaniyyah di semester  ganjil  selalu di laksanakan kegiatan peraktek kerja industri (prakerin)  yaitu kegiatan pembelajaran di luar sekolah langsung terjun kelapangan bersama para petani.
Tanaman cabai (capsicum annum) adalah salah satu tanaman hortikultura yang sangat di butuhkan di kalangan masyarakat. Tanaman ini sudah lama di kenal dan di budidayakan di Indonesia. Di Indonesia budidaya dan penelitian tanaman jeruk sedang tahap perkembangan meskipun sebenarnya usaha ini sudah di laksanakan oleh orang sejak jaman sebelum kemerdekaan, tetapi sekarang tanaman ini sudah hampir merata ditanam di daerah-daerah lain yang kondisi iklim dan tanahnya cocok..
Jenis tanaman cabai yang banyak di budidayakan bermacam-macam dan mudah di temukan di pasaran.
1.2 Tujuan Dan Manfaat Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
1.2.1 Tujuan  Prekerin
1.        TujuanUmum
          Tujuan umum pelaksanaan PREKERIN semester IV yaitu agar siswa-siswa memiliki jiwa yang semangat berwirausaha dan mampu menerapkan materi-materi di lapangan yang sudah di terima di sekolah dan juga mampu dalam menggelola serta menganalisis suatu usaha di bidang petanian secara terampil dan profisional, dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang ada di suatu wilayah.

2.        TujuanKhusus
Adapun tujuan khusus di laksanakannya PRAKERIN di antaranya :
a.         Melatih siswa agar lebih terampil dan mempunyai mental yang kuat serta rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap suatu usahanya.
b.        Siswa mampu menganalisa berbagai subsistem agribisnis suatu komoditi, baik secara kuantitatif (input/output) maupun secara kualitatif ( Analisis SWOT).
c.         Melatih kemandirian serta kerja sama dan kekompakan dalam kerumunan (kelompok).
d.        Siswa mengenal dan mengetahui potensi suatu wilayah.
e.         Menambah dan memberikan wawasan baru serta ilmu pengetahuan dalam berusaha.
f.         Melatih siswa bersosialisasi atau menyusuaikan diri dan berkomunikasi dengan masyarakat luas.

1.2.2  Manfaat PRAKERIN
Selain tujuan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), Juga terdapat beberapa manfaat yang di dapat yaitu:
1.      Bisa mengenal tanaman cabai lebih mendalam.
2.      Dapat bersosialisai dengan masyarakat.
3.      Melatih hidup lebih dewasa.
4.      Melatih berkomunikasi dengan masyarakat.
5.      Mengenal adat istiadat masyarakat di sekitar tempat PRAKERIN.
6.      Mengetahui dan dapat mempraktekan cara budidya tanaman cabai.
7.      Mengenal berbagai macam tanaman cabai yang sangat laku di pasaran terutama di Garut.

1.3 Metode dan Peserta Kegiatan Praktik Kerja Industri
Metode dan Peserta Kegiatan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut:
1.    Hour Release       :  Siswa belajar pada jam-jam tertentu di dunia industri.
2. Days Release  : Siswa belajar pada hari-hari tertentu selama tiga hari di sekolah                                           dan tiga hari di dunia industri setiap minggunya.
3. Block Release         : Siswa belajar selama tiga bulan di Sekolah dan tiga bulan di                                                                  dunia industri.
Metode penyelenggaraan Prakerin yang diaplikasikan di SMK Fauzaniyyah adalah sistem Block Release dengan durasi waktu selama 2 bulan atau 60 hari kerja atau 144 jam kerja. Peserta kegiatan Prakerin adalah seluruh siswa kelas XI SMK Fauzaniyyah pada semester 4 (empat).
Peserta Praktik Kerja Industri di Balai Benih Hortikultura (BBH) dilaksanakan oleh 5 siswa Program Keahlian Agroteknologi Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMK Fauzaniyyah dengan inisial sebagai berikut:
1.      Atif Abdul Latif
2.      Taufik Hidayat
3.      Rid-rid Ridwan
4.      An-an Abdurrahman
5.      Muhammad Fikri
6.      Yusuf
(XI ATPH)
(XI ATPH)
(XI ATPH)
(XI ATPH)
(XI ATPH)
(XI ATPH)

1.4  Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
a.  Tempat
kegiatan prakerin ini dilaksanakan di Kelompok Tani BAROKAH TANI yang terletak di Desa Sirnajaya Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut.
b. Waktu
kegitan perakerin ini di laksanakan selama dua bulaan pasa senester 4, terhitung sejak tanggal 02 Mei -3 Juli 2013.
1.4.1    Rencana dan jadwal pelaksanaan kegiatan
a.  Rencana  Kegiatan
            Sebelum melaksanakan kegiatan yang di programkan oleh sekolah penulis di beri pembekalan terlebih dahulu oleh panitia pelaksanan kegiatan agar dalam kegitan tidak menemukan kesulitan dan dapat berjalan dengan baik.rencana kegiatan di susun oleh penulis bersama dengan teman teman seangkatan dan dengan meminta bantuan pihak pembimbing dan dari instansi perusahaan.
b. Jadwal  kegiatan                                                                                               
          Jadwal kegiatan mengenai kerja pengalaman (kp)ini juga di susun oleh penulis dan teman temanseangkatan juga dengan bantuan pembimbing dan instansi perushaan. Jadwal kegiatan kerja pengalaman (kp) ini di laksanakan oleh para siswa pada waktu yang bersamaan dan bertempatdi instansi perushaan.

1.4.2  Tujuan dan Manfaat Penulisan Laporan
1.4.1.1  Tujuan Penulisan Laporan
Tujuan dibuatnya Laporan antara lain:
1.        Untuk melatih kemampuan diri dalam memahami dan menyimpulkan pengalaman kerja.
2.        Untuk memperoleh pengalaman dalam menyusun laporan sesuai dengan ketentuan .
3.        Mencari solusi pemecahan masalah yang berhubungan dengan program ATPH.
4.        Untuk memenuhi salah satu syarat menghadapi sidang Prakerin  dan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2013/2014.
5.        Memenuhi kewajiban sebagai siswa untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan Nasional.

1.4.1.2  Manfaat Penulisan Laporan
Pembuatan laporan ini banyak manfaat yang di peroleh siswa-siswi   diantaranya:
1.        Menambah pembendaharaan perpustakaan dan menunjang peningkatan pengetahuan siswa-siswi angkatan selanjutnya
2.        Sebagai bukti tertulis dari hasil kegiatan instansi/lembaga tempat praktek.
3.        Sebagai tempat pelajaran dalam mengumpulkan data untuk mengetahui kelengkapan dalam menyusun laporan.
4.        Dapat meningkatkan pengetahuan secara teori maupun praktek.
5.        Meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam penyusunan laporan.




1.5      RuangLingkup
Dalam pembibitan tanaman cabai tentunya memiliki ruang lingkup, dimana dalam ruang lingkup terdapat aspek-aspek yang mendukung kelancaran untuk membudidayakan tanaman cabai khususnya, di antaranya sebagai berikut:
1.5.1   Aspek Teknis
Cabai merupakan tanaman yang mudah untuk di tanam terutama di daerah Garut, dan mudah dalam pemeliharaannya
1.5.2        Aspek Ekonomi
Pembudidayaan cabai sangatlah menguntungkan, banyak petani-petani yang berminat dalam berbudidya tanaman cabai karena cabai banyak yang memebutuhkan di kalangan rumah tangga atau pedagang-pedagang yang berhubungan dengan pedas, dengan kondisi seperti ini hara cabai pun pasti akan mahal.
1.5.3   Aspek Sosial
Cabai merupakan tanaman pelengkap makanan, penghangat lidah, mudah di dapat, dan harganya pun terjangkau oleh masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar