Translate

Sabtu, 21 Februari 2015

Laporan Prakerin SMK Pertanian BAB II



BAB II
DESKRIPSI PERUSAHAAN


2.1   Sejarah Perusahaan (kelompok barokah tani)
Kelompok tani Barokah tani di dirikan oleh Bapak Hj. Adang yang bergerak di bidang pertanian,pada tahun 2003.Sebagai salah satu penangkar tanaman cabai dan tanaman pangan lainnya. Dengan kesepakatan seluruh warga kampung Cilimus tahun 2003 di bentuk sebuah kumpulan atau kelompok Barokah Tani dengan artian bahwa bertani membawakan manfaat dan juga berkah kepada seluruh manusia khususnya warga kampung Cilimus. Dengan nama tersebut sampai sekarang barokah tani semakin berkembang di banding tahun-tahun kebalakang.   
2.2  Lokasi, Tofografi, Keadaan Tanah dan Iklim
Lokasi Praktik Kerja Industri di laksanakan di PT.Barokah Tani yang yang terletak di Kp.Cilimus Des. Sirnajaya Kec. Cisurupan Kab. Garut.Waktu pelaksanaan Praktik Kerja Industri terhitung mulai tanggal 02 Mei 2013 - 03 juli 2013.Luas desa sirnajaya adalah 400 ha yang di batasi oleh wilayah-wilayah sebagai berikut:
Sebelah utara               : Desa sipaganti, pangauban
Sebelah Timur             :Desa tambakjaya
Sebelah Barat              : kehutanan papanaian
Sebelah Selatan           : Desa balewangi
  Tempat PRAKERIN
   Lokasi PRAKERIN
          Kecamatan Cisurupan merupakan daerah dataran tinggi yang tergolong daerah landai sampai berbukit dengan kemiringan 2%-6% dan ketinggian tempat 1215 dpl. Dengan jenis tanah tergolong andosol coklat dan regosol hingga litosol. Kecamatan Cisurupan mempunyai iklim dengan curah hujan 1579,55 mm/tahun, jumlah hari hujan 117 hari dan temperatur harian rata-rata 22 drajat C dan 25 drajat C.
            Luas areal yang di gunakan Kelompok Tani BAROKAH TANI untuk pengembangan agribisnis adalah 3 ha yang merupakan kesatuan dari berbagai tempat, diantaranya lahan produksi, lahan kemitraan, pabrik padi, rumah, dan mescid.



2.2  Struktur Organisasi

Ketua
Pak ,Hj Adang

Bendahara
Siti Ropah

Sekertaris
Ibu Sa’adah

Wakil sekertaris
Asep Imam

Siebid Lapangan
·         Amas
·         Ubun 

Sie bid peralatan
·         Rohiwan
·         Rahman 

Ketua Sei bid
Pudin

                                                   
2.3   Bidang Usaha
          Klompok BAROKAH TANI,bergerak dalam bidang usaha pertanian khususnya dalam memproduksi sayuran yang sangat berpotensi dan menguntungkan. Dalam melancarkan usahanya, kelompok  BAROKAH TANI mempunyai gudang usaha primer perusahaan adalah sebagai penangkar tanaman cabai dan berbagai sayuran di usahakan di budidayakan di kelompok BAROKAH TANI yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari dalam maupun dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar